Life is never flat, try the best of yours and you will get the best result. Never give up!

Friday 16 September 2011

Kini, UNM Bintang Satu

Tahun ini, Universitas Negeri Makassar (UNM), telah mendapat predikat Perguruan Tinggi (PT) bintang satu. Predikat ini berdasarkan hasil penilaian yang diperoleh UNM pada program, QS Stars 2011, yang dilakukan oleh lembaga Serifikasi Int. QS Star.
Artinya UNM, kini setara dengan 35 PT se-Indonesia terkemuka di negeri ini yang memperoleh predikat yang sama.

Hal tersebut diungkapkan Rektor UNM, Prof Dr H Arismunandar MPd, Kamis (15/9), di Kampus UNM. "Alhamdulillah, ini berita baik. Menurut salah satu berita yang dirilis di situs www.kopertis12.or.id, tertanggal 6 September 20011 lalu, UNM termasuk salah satu diantara 35 PT berbintang satu di Indonesia," katanya.
Arismunandar mengatakan, judulnya berita pada situs tersebut adalah; 35 Kampus Berbintang di Indonesia (Pemenang QS Stars 2011). Dijelaskan, UNM untuk pertama kalinya dievaluasi oleh Lembaga Sertivikasi Int. QS Star, pada tahun ini sudah mendapat predikat bintang satu sama dengan Unhas dan beberapa PT terkemuka lainnya. "Insya Allah, prestasi ini akan menjadi dasar yang baik untuk meningkatkan bintang UNM di masa yang akan datang," harap Arismunandar.

Program QS Stars terdiri dari evaluasi yang berjalan selama 3 tahun dan memiliki basis cluster berdasarkan pendekatan rating (tanda bintang) hal ini memiliki keunggulan dengan jangkauan yang lebih luas dibandingkan bila menggunakan sistem berbasis rangking.
QS APPLE melakukan evaluasi terhadap pencapaian performa perguruan tinggi Indonesia melalui 5 (lima) indikator capaian, seperti: Graduate Employability, Teaching Quaiity, lnfrastructure, lnternasionalisasi, dan Engagement. Penetapan “bintang” ditentukan berdasarkan nilai atau skor akhir dari seluruh indikator. Passing grade untuk “Bintang Satu” sampai “Bintang Lima”.

Sementara itu, Sultan Habnoer S Pd, salah seorang dosen muda di Jurusan Bahasa Indonesia UNM, mengatakan, prestasi ini sangat membanggakan. "Saya kira itu prestasi yang membanggakan bagi dosen, mahasiswa, dan alumni," katanya, kepada Upeks kemarin.
Apalagi, menurut Sultan, penilaian dilakukan sebuah lembaga internasional. "Semoga itu menjadi penyemangat bagi civitas UNM agar terus berkarya dan mengembangkan institusi menjadi lebih baik," katanya.
Dia menilai, saat ini UNM sudah setara dengan perguruan tinggi terkemuka lainnya, terbukti dengan predikat yang sama juga peroleh UNM.
"Semoga penilaian berikut, predikat yang kita dapatkan bisa meningkat," harap Sultan
Sumber : Upeks

Related Post



No comments:

Post a Comment